Seminar Nasional Kewirausahaan

Start Up Now : Digital Marketing Sebagai Pendorong Transformasi Bisnis Indonesia





Berikut ini kami ajukan sebuah usulan kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan informasi dan gambaran tentang rencana kegiatan yang hendak kami ajukan kepada Bapak/Ibu/Saudara agar dapat memperoleh perhatian dan menggerakkan kita semua dalam upaya merealisasikan rencana yang dimaksud. Setiap mahasiswa akan selalu berusaha dalam meraih keberhasilan di dunia pendidikan.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri 17.504 pulau. Indonesia memiliki populasi sebesar 270.054.853 jiwa pada tahun 2018 yang menjadikannya negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia.

Jumlah penduduk kelompok umur 15-64 tahun (usia produktif) mencapai 183,36 juta jiwa atau sebesar 68,7% dari total populasi.

Berdasarkan survei penduduk antar sensus (Supas) 2015 jumlah penduduk Indonesia pada 2019 diproyeksikan mencapai 266,91 juta jiwa. Menurut jenis kelamin, jumlah tersebut terdiri atas 134 juta jiwa laki-laki dan 132,89 juta jiwa perempuan. Indonesia saat ini sedang menikmati masa bonus demografi di mana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dari usia tidak produktif, yakni lebih dari 68% dari total populasi.

Adapun penduduk dengan kelompok umur 0-14 tahun (usia anak-anak) mencapai 66,17 juta jiwa atau sekitar 24,8% dari total populasi. Kemudian penduduk kelompok umur 15-64 tahun (usia produktif) sebanyak 183,36 juta jiwa atau sebesar 68,7% dan kelompok umur lebih dari 65 tahun (usia sudah tidak produktif) berjumlah 17,37 juta jiwa atau sebesar 6,51% dari total populasi.

Rasio ketergantungan (dependency ratio) penduduk Indonesia pada tahun ini mencapai 45,56%. Artinya setiap 100 orang yang berusia produktif (angkatan kerja) mempunyai tanggungan 46 penduduk tidak produktif (usia 0-14 tahun ditambah usia 65 tahun ke atas). Semakin tinggi rasio ketergantungan mengindikasikan semakin berat beban yang harus ditanggung oleh penduduk usia produktif untuk membiayai hidup penduduk tidak produktif.

       Dilihat dari data tersebut, dapat diketahui bahwa penduduk Indonesia mayoritas ada pada usia produktif namun masih banyak yang belum mendapat penghasilan yang sesuai atau belum bisa mengembangkan bisnisnya. Disini kami ingin usia produktif bisa meningkatkan kondisi ekonominya secara mandiri melalui digital marketing. Selain itu kami juga mengajak usia produktif untuk siap berkompetisi di bisnis yang berbasis digital yang pada dewasa ini mulai merambah ke semua usaha karena pengaruh revolusi industri 4.0 dan juga kami melihat bisnis digital ini memiliki prospek yang bagus untuk usaha yang berkelanjutan.

       Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana penjual dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran, seperti Website, Blog, Media sosial dan lain-lain. Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada penjual.



       Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) yang bergerak di dunia pengembangan kemampuan pendidikan yang berasas kekeluargaan, bertujuan mencetak calon penerus wirausahawan yang memiliki kemampuan (soft skill dan hardskill) berdaya saing tinggi. Kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) ditujukan untuk umum, terutama mahasiswa di lingkungan Jember. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa di Kabupaten Jember dapat menyalurkan dan mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang akademik dan praktik.


Kabinet Aksata Rahagi: Beraksi Bersama, Berdaya Inspirasi

Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen 2025 Kabinet Aksata Rahagi adalah organisasi yang hadir sebagai wadah dinamis bagi mahasiswa untuk berkembang, bersuara, dan bersinar. Di sini, setiap langkah dan ide mahasiswa dihargai seperti bintang yang menyemarakkan malam. HMJM bukan sekadar organisasi, melainkan ruang kolaborasi penuh semangat yang memupuk aspirasi, mempertemukan mimpi, dan mendorong potensi. Dengan program kerja yang kreatif, terbuka, dan relevan, kami hadir untuk menjawab kebutuhan para mahasiswa S1 Manajemen masa depan. Yuk, jadi bagian dari perjalanan luar biasa ini dan lihat apa yang bisa kita capai bersama. Let’s light up the sky together with HMJM. HMJM, We Believe We Can Do It!