DIGITAL MARKETING
- Pengertian
Digital marketing adalah suatu
aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Terdapat
beberapa definisi dari para ahli mengenai digital
marketing, diantanya:
1.
Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)
Digital
marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai
media. Sebagai contoh yaitu blog,
website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.
2.
Kleindl dan Burrow (2005)
Pengertian
digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep,
ide, harga, promosi dan distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai
pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen
dan produsen.
3.
Heidrick & Struggles (2009)
Digital
marketing menggunakan perkembangan dunia digital
untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan
tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.
Dari sini dapat kita simpulkan bahwa
pengertian digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan konsumen dengan
memanfaatkan berbagai perangkat (tools)
digital berbentuk fisik maupun non-fisik.
Digital marketer adalah seseorang yang melakukan pemasaran dengan
menggunakan platform digital. Setidaknya
terdapat 1000 permintaan tenaga digital
marketing setiap bulannya. Melihat pertumbuhan dunia yang sangat pesat,
sebagai seorang digital marketer perlu
menyesuaikan skill yang dibutuhkan
dengan kondisi pasar.
- Tujuan
●
Meningkatkan pangsa pasar
●
Meningkatkan jumlah komentar di website
●
Mencapai sasaran merek
●
Meningkatkan ukuran database
●
Mencapai tujuan Customer Relationship Management
●
Meningkatkan manajemen rantai pasokan
- Jenis
●
Search Engine Optimization (SEO)
SEO merupakan salah satu jenis
digital marketing yang memerinci kata dan frasa. Itu digunakan konsumen untuk
mencari informasi melalui daring (online).
Penerapan SEO menggunakan kata kunci dalam daftar hasil pencarian yang
berhubungan dengan pencarian konsumen.
●
Pay-per-click (PPC) Advertising
PPC merupakan iklan berbayar yang
muncul di bagian atas hasil pencarian. PPC ditandai dengan kata iklan untuk
memikat orang-orang dengan produk dan layanan perusahaan. PPC bergantung dengan
seberapa banyak pencarian yang ada untuk kata kunci yang dicari.
●
Social Media Marketing
Social
Media Marketing berguna
untuk menjaga agar posting tetap konsisten. Perangkat daring tersedia untuk
menjadwalkan posting media sosial. Konsistensi bertujuan untuk mendapat laba
atas investasi kampanye tertentu akan memberikan nilai bagi perusahaan.
●
Content Marketing
Content berarti posting blog, e-book, video digital, podcast yang
memberikan nilai kepada konsumen. Bukan hanya memasarkan merek atau mencoba
melakukan penjualan. Content
marketing berguna untuk membangun hubungan saling percaya dengan
pelanggan. Itu bermanfaat untuk membuka peluang banyak keuntungan.
●
Influencer Marketing
Strategi digital marketing
melibatkan orang-orang yang memiliki pengaruh penting. Itu berguna untuk
memikat konsumen dan perusahaan memasarkan merek, produk, atau layanan. Influencer (jasa pemengaruh) memiliki
banyak pengikut dalam media sosial. Itu berguna untuk menyebarkan produk
terkait posting media sosial.
- Kelebihan
Kali
ini kita bisa bandingkan kelebihan dari digital
marketing, dibanding dengan strategi pemasaran lainnya, yaitu:
- Lebih hemat biaya;
- Tidak perlu banyak SDM
penjualan;
- Tim pemasaran tidak perlu
terjun ke lapangan;
- Proses branding produk lebih mudah;
- Potensi
pertumbuhan drastis.
- Tugas dan Tanggung Jawab
●
. Menyusun rencana promosi
Seseorang yang bekerja
di bidang digital marketing tak hanya melakukan promosi. Akan tetapi juga
merencanakan promosi tersebut. Contohnya rencana konten promosi, waktu
mengunggah konten, media apa yang digunakan, dan lain sebagainya
●
Monitoring campaign
Campaign dapat berisi
keunggulan produk dan nilai-nilai perusahaan. Dengan membuat konsep, maka
digital marketer dapat menentukan strategi sesuai dengan produk dan pangsa
pasarnya
●
Menentukan target
audiens
Sebagai seorang digital
marketing harus bisa menentukan siapa saja target audiens untuk memperluas
branding merek untuk mencapai tujuan perusahaan
●
Meningkatkan trafik
website perusahaan
Meningkatkan brand
awareness melalui search engine juga merupakan cara ampuh. Seorang karyawan di
bidang ini adalah dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization)
agar postingan website ada di posisi pertama pencarian
●
Memelihara aset digital
Sebuah aset digital
seperti akun media sosial merupakan wajah dari sebuah perusahaan. Sehingga
tugas digital marketer adalah mengelolanya dengan baik. Bagaimana caranya?
Biasanya dengan rajin update dan mengisi konten yang baik dapat mempertahankan
ketertarikan masyarakat agar tidak tertarik dengan produk lain.
- Skill yang harus dimiliki oleh
Digital Marketer
⮚
Digital Mindset
Digital mindset menjurus pada kesadaran dalam menggunakan peralatan dan
teknologi digital secara maksimal. Digital
marketer harus dapat menggunakan teknologi yang ada sekaligus
mengembangkannya untuk meningkatkan value
bisnis dan usaha.
⮚
Copywriting
Copywriting merupakan skill penting
yang harus dimiliki digital marketer.
Pada dunia digital, tulisan merupakan pengganti salesman dalam mempromosikan bisnis dan usaha. Sehingga penggunaan
kata, kalimat, dan tulisan harus dapat mempersuasi calon konsumen.
⮚
Search Engine
Optimization (SEO)
SEO merupakan salah satu skill utama yang perlu dimiliki digital marketer. SEO sendiri merupakan cara
mengoptimalkan situs web untuk menjadi top
position di hasil pencarian. Dengan berada pada puncak pencarian akan
mendatangkan traffic yang lebih
banyak sehingga informasi, promosi, dan awareness
dapat lebih menjangkau konsumen.
⮚
Social Media Marketing (SMM)
Sebanyak 170 juta orang atau 61,8%
dari jumlah populasi Indonesia merupakan pengguna aktif sosial media. Melihat
besarnya pengguna media sosial, platform ini menjadi tempat yang tepat untuk
memasarkan bisnis dan usaha, namun tentunya dengan strategi yang tepat dan jitu
agar tujuan pemasaran dapat tercapai secara optimal.
⮚
Data Analisis
Hasil survey GlobalDMA dan The Winterberry Group terhadap 3000 professional marketer menunjukkan
pentingnya data dalam advertising dan
meningkatkan pengalaman konsumen. Hal ini menunjukan bahwa seorang marketer perlu memahami analisis data
marketing yang merupakan bagian penting dalam setiap strategi dan advertising bagi setiap perusahaan.
⮚
Strategi Konten
Dalam dunia digital marketing konten dapat berupa teks, gambar, video, maupun
audio. Seorang digital marketer harus
memahami konten marketing yang baik untuk meningkatkan awareness dan citra bisnis di mata masyarakat.
⮚
Story Telling
Kemampuan bercerita merupakan
kemampuan mutlak yang harus dimiliki marketer.
Di dunia digital ini seorang marketer harus kreatif mengembangkan konten untuk
membuat calon konsumen tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.
Semakin dinamisnya kondisi pasar,
penerapan digital marketing bukan
lagi menjadi suatu hal yang mudah, melainkan perlu pengetahuan dan skill yang mumpuni untuk menjadi expert digital marketer. Sehingga
pelatihan dan sertifikasi kompetensi digital
marketing merupakan hal wajib bagi seorang yang ingin berkarir menjadi digital marketer.
- Pendapatan
Kita sudah membicarakan apa itu
Digital Marketing dan juga peran dari seorang Digital Marketing, maka kali ini
kita akan membahas seberapa besar gaji Digital Marketer.
Dilansir dari laporan Laporan Tren
& Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021 yang dilakukan oleh Glints, berikut
adalah perkiraan gaji seorang profesional yang bekerja di bidang Digital
Marketing:
●
Shopee :
Rp10.000.000
●
Tokopedia : Rp10.000.000
●
Gojek :
Rp19.500.000
●
Lazada : Rp4.000.000
●
Nestle :
Rp.14.000.000
●
Grab :
Rp6.350.000
Source:
●
Redaksi OCBC NISP. (2021). Apa Itu Digital Marketing? Ini Kelebihan, Jenis, & Contohnya.
Diakses pada 23 Juni 2022, dari https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/09/06/digital-marketing-adalah
●
Jurnal Enterpreneur. (2022). Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi
Digital Marketing. Diakses pada 23 Juni 2022, dari https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
●
Quipper Campus. (2022). Digital Marketing. Diakses pada 23 Juni 2022, dari https://campus.quipper.com/careers/digital-marketing
●
DTS Squad Batch 1. (2022). 7 Skill yang Wajib Dimiliki Digital Marketer Tahun 2022. Diakses
pada 23 Juni 2022, dari https://arkatama.id/7-skill-yang-wajib-dimiliki-digital-marketer-tahun/
●
Rudi Patria. (2022). Mau kerja sebagai Digital Marketing? Yuk cari tahu dulu berapa besar
gajinya. Diakses pada 23 Juni 2022, dari https://danacita.co.id/blog/pekerjaan-dan-gaji-digital-marketing-2022/#:~:text=Gaji%20Digital%20Marketer,-Kita%20sudah%20membicarakan&text=Digital%20Marketing%20Manager%3A%20IDR%2012.000,.000%20%2D%20IDR%208.000.000
●
https://id.berita.yahoo.com/pengertian-digital-marketing-tujuan-jenis-022047158.html?guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_
●
https://tipkerja.com/gaji-digital-marketing-di-perusahaan-indonesia/#more-21344
●
https://bisnis.tempo.co/read/1561177/5-jenis-digital-marketing-yang-makin-diminati-untuk-strategi-pemasaran