LIFE PLAN : Digital Marketing

 

DIGITAL MARKETING

 

  1. Pengertian

Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Terdapat beberapa definisi dari para ahli mengenai digital marketing, diantanya:

1.      Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

2.      Kleindl dan Burrow (2005)

Pengertian digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

3.      Heidrick & Struggles (2009)

Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa pengertian digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan konsumen dengan memanfaatkan berbagai perangkat (tools) digital berbentuk fisik maupun non-fisik.

Digital marketer adalah seseorang yang melakukan pemasaran dengan menggunakan platform digital. Setidaknya terdapat 1000 permintaan tenaga digital marketing setiap bulannya. Melihat pertumbuhan dunia yang sangat pesat, sebagai seorang digital marketer perlu menyesuaikan skill yang dibutuhkan dengan kondisi pasar.

 

  1. Tujuan

       Meningkatkan pangsa pasar

       Meningkatkan jumlah komentar di website

       Mencapai sasaran merek

       Meningkatkan ukuran database

       Mencapai tujuan Customer Relationship Management

       Meningkatkan manajemen rantai pasokan

 

  1. Jenis

        Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu jenis digital marketing yang memerinci kata dan frasa. Itu digunakan konsumen untuk mencari informasi melalui daring (online). Penerapan SEO menggunakan kata kunci dalam daftar hasil pencarian yang berhubungan dengan pencarian konsumen.

        Pay-per-click (PPC) Advertising

PPC merupakan iklan berbayar yang muncul di bagian atas hasil pencarian. PPC ditandai dengan kata iklan untuk memikat orang-orang dengan produk dan layanan perusahaan. PPC bergantung dengan seberapa banyak pencarian yang ada untuk kata kunci yang dicari. 

        Social Media Marketing

Social Media Marketing berguna untuk menjaga agar posting tetap konsisten. Perangkat daring tersedia untuk menjadwalkan posting media sosial. Konsistensi bertujuan untuk mendapat laba atas investasi kampanye tertentu akan memberikan nilai bagi perusahaan.

        Content Marketing

Content berarti posting blog, e-book, video digital, podcast yang memberikan nilai kepada konsumen. Bukan hanya memasarkan merek atau mencoba melakukan penjualan. Content marketing berguna untuk membangun hubungan saling percaya dengan pelanggan. Itu bermanfaat untuk membuka peluang banyak keuntungan.

        Influencer Marketing

Strategi digital marketing melibatkan orang-orang yang memiliki pengaruh penting. Itu berguna untuk memikat konsumen dan perusahaan memasarkan merek, produk, atau layanan. Influencer (jasa pemengaruh) memiliki banyak pengikut dalam media sosial. Itu berguna untuk menyebarkan produk terkait posting media sosial.

 

  1. Kelebihan

            Kali ini kita bisa bandingkan kelebihan dari digital marketing, dibanding dengan strategi pemasaran lainnya, yaitu:

  1. Lebih hemat biaya;
  2. Tidak perlu banyak SDM penjualan;
  3. Tim pemasaran tidak perlu terjun ke lapangan;
  4. Proses branding produk lebih mudah;
  5. Potensi pertumbuhan drastis.

 

  1. Tugas dan Tanggung Jawab

       . Menyusun rencana promosi

Seseorang yang bekerja di bidang digital marketing tak hanya melakukan promosi. Akan tetapi juga merencanakan promosi tersebut. Contohnya rencana konten promosi, waktu mengunggah konten, media apa yang digunakan, dan lain sebagainya

       Monitoring campaign

Campaign dapat berisi keunggulan produk dan nilai-nilai perusahaan. Dengan membuat konsep, maka digital marketer dapat menentukan strategi sesuai dengan produk dan pangsa pasarnya

       Menentukan target audiens

Sebagai seorang digital marketing harus bisa menentukan siapa saja target audiens untuk memperluas branding merek untuk mencapai tujuan perusahaan

       Meningkatkan trafik website perusahaan

Meningkatkan brand awareness melalui search engine juga merupakan cara ampuh. Seorang karyawan di bidang ini adalah dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) agar postingan website ada di posisi pertama pencarian

       Memelihara aset digital

Sebuah aset digital seperti akun media sosial merupakan wajah dari sebuah perusahaan. Sehingga tugas digital marketer adalah mengelolanya dengan baik. Bagaimana caranya? Biasanya dengan rajin update dan mengisi konten yang baik dapat mempertahankan ketertarikan masyarakat agar tidak tertarik dengan produk lain.

 

  1. Skill yang harus dimiliki oleh Digital Marketer

      Digital Mindset

Digital mindset menjurus pada kesadaran dalam menggunakan peralatan dan teknologi digital secara maksimal. Digital marketer harus dapat menggunakan teknologi yang ada sekaligus mengembangkannya untuk meningkatkan value bisnis dan usaha.

      Copywriting

Copywriting merupakan skill penting yang harus dimiliki digital marketer. Pada dunia digital, tulisan merupakan pengganti salesman dalam mempromosikan bisnis dan usaha. Sehingga penggunaan kata, kalimat, dan tulisan harus dapat mempersuasi calon konsumen.

      Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu skill utama yang perlu dimiliki digital marketer. SEO sendiri merupakan cara mengoptimalkan situs web untuk menjadi top position di hasil pencarian. Dengan berada pada puncak pencarian akan mendatangkan traffic yang lebih banyak sehingga informasi, promosi, dan awareness dapat lebih menjangkau konsumen.

      Social Media Marketing (SMM)

Sebanyak 170 juta orang atau 61,8% dari jumlah populasi Indonesia merupakan pengguna aktif sosial media. Melihat besarnya pengguna media sosial, platform ini menjadi tempat yang tepat untuk memasarkan bisnis dan usaha, namun tentunya dengan strategi yang tepat dan jitu agar tujuan pemasaran dapat tercapai secara optimal.

      Data Analisis

Hasil survey GlobalDMA dan The Winterberry Group terhadap 3000 professional marketer menunjukkan pentingnya data dalam advertising dan meningkatkan pengalaman konsumen. Hal ini menunjukan bahwa seorang marketer perlu memahami analisis data marketing yang merupakan bagian penting dalam setiap strategi dan advertising bagi setiap perusahaan.

      Strategi Konten

Dalam dunia digital marketing konten dapat berupa teks, gambar, video, maupun audio. Seorang digital marketer harus memahami konten marketing yang baik untuk meningkatkan awareness dan citra bisnis di mata masyarakat.

      Story Telling

Kemampuan bercerita merupakan kemampuan mutlak yang harus dimiliki marketer. Di dunia digital ini seorang marketer harus kreatif mengembangkan konten untuk membuat calon konsumen tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Semakin dinamisnya kondisi pasar, penerapan digital marketing bukan lagi menjadi suatu hal yang mudah, melainkan perlu pengetahuan dan skill yang mumpuni untuk menjadi expert digital marketer. Sehingga pelatihan dan sertifikasi kompetensi digital marketing merupakan hal wajib bagi seorang yang ingin berkarir menjadi digital marketer.

 

  1. Pendapatan

Kita sudah membicarakan apa itu Digital Marketing dan juga peran dari seorang Digital Marketing, maka kali ini kita akan membahas seberapa besar gaji Digital Marketer.

Dilansir dari laporan Laporan Tren & Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021 yang dilakukan oleh Glints, berikut adalah perkiraan gaji seorang profesional yang bekerja di bidang Digital Marketing:

       Shopee         : Rp10.000.000

       Tokopedia    : Rp10.000.000

       Gojek           : Rp19.500.000

       Lazada         : Rp4.000.000

       Nestle          : Rp.14.000.000

       Grab            : Rp6.350.000

Source:

       Redaksi OCBC NISP. (2021). Apa Itu Digital Marketing? Ini Kelebihan, Jenis, & Contohnya. Diakses pada 23 Juni 2022, dari https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/09/06/digital-marketing-adalah

       Jurnal Enterpreneur. (2022). Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. Diakses pada 23 Juni 2022, dari https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

       Quipper Campus. (2022). Digital Marketing. Diakses pada 23 Juni 2022, dari https://campus.quipper.com/careers/digital-marketing

       DTS Squad Batch 1. (2022). 7 Skill yang Wajib Dimiliki Digital Marketer Tahun 2022. Diakses pada 23 Juni 2022, dari https://arkatama.id/7-skill-yang-wajib-dimiliki-digital-marketer-tahun/

       Rudi Patria. (2022). Mau kerja sebagai Digital Marketing? Yuk cari tahu dulu berapa besar gajinya. Diakses pada 23 Juni 2022, dari https://danacita.co.id/blog/pekerjaan-dan-gaji-digital-marketing-2022/#:~:text=Gaji%20Digital%20Marketer,-Kita%20sudah%20membicarakan&text=Digital%20Marketing%20Manager%3A%20IDR%2012.000,.000%20%2D%20IDR%208.000.000

       https://id.berita.yahoo.com/pengertian-digital-marketing-tujuan-jenis-022047158.html?guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_

       https://tipkerja.com/gaji-digital-marketing-di-perusahaan-indonesia/#more-21344

       https://bisnis.tempo.co/read/1561177/5-jenis-digital-marketing-yang-makin-diminati-untuk-strategi-pemasaran


Berkembang Bersama Meraih Harapan Kabinet Abhipraya Abyakta

Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen 2024 Kabinet Abhipraya Abyakta adalah organisasi kemahasiswaan yang mendorong pertumbuhan dan pencapaian mahasiswa. Platform ini menjadi ruang interaktif untuk mahasiswa berbagi impian, pengalaman, dan aspirasi mereka seperti gemintang yang bersinar di langit malam. Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen memfasilitasi kebutuhan mahasiswa melalui program kerja yang inklusif, aspiratif, dan inovatif. Bagaimana menarik bukan? Let’s find out the post HMJM!